About

Ochabi Altius

Ocha Binar Alieffi

Lahir : 12 Oktober 1993

Pendidikan : Universitas Katolik Soegijapranata

Politeknik Negeri Semarang

Kehidupan dan Karir

Sebelum menjadi finalis Duta Museum Jawa Tengah 2016, Ocha pernah menjadi finalis Kontes Robot Seni Indonesia 2013 yang di selenggarakan di Universitas Islam Indonesia dan setelah lulus dari pendidikan Diploma, Ocha pernah bekerja sebagai Marketing & Pricing di salah satu anak perusahaan Astra Otoparts.

Ocha adalah alumnus SMK Negeri 11 Semarang jurusan Multimedia, kemudian melanjutkan kuliah di Diploma 3 Teknik Informatika Politeknik Negeri Semarang dan saat ini melanjutkan tingkat Sarjana di jurusan yang sama di Universitas Katolik Soegijapranata.

Semasa kuliah, Ocha juga aktif di organisasi mahasiswa di bidang robotika (Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Pengetahuan) maupun bidang politik (Komisi Pemilu Raya dan Badan Eksekutif Mahasiswa).

Diluar kampus, Ocha pernah mengikuti FemaleDev Summit 2014 yang di selenggarakan oleh KIBAR dan juga berpartisipasi aktif di kegiatan Google Developer Group Semarang tahun 2014. Di tahun 2017, Ocha dan tim mewakili Indonesia mengikuti International Training Course STAGED! (Struggle Against Gender Discrimination) and Non-Formal Education, sebuah program yang di selenggarakan oleh Lunaria Voluntario dan Erasmus+ di Thai Nguyen, Vietnam dalam rangka membahas isu gender yang dihadapi beberapa negara di Asia dan Eropa.

Duta Museum Jawa Tengah 2016

Ocha terpilih menjadi 20 besar finalis Duta Museum Jawa Tengah dengan judul esai “Museum sebagai Sumber Berkarya Arif dan Bijaksana” dan mengikuti karantina selama 3 hari menuju Grand Final.

Setelah terpilih menjadi finalis, Ocha tetap aktif berkontribusi dalam kegiatan museum maupun menulis tentang museum selama 2 tahun.

Salah satu seminar yang dibawakannya di tahun 2018 bertempat di Universitas Sebelas Maret adalah mengenai museum sebagai sumber literatur memerangi hoax dan berita rekayasa.

Prestasi

Juara 1 Pencak Silat Seni Tunggal Putri Kota Semarang 2007

Finalis English News Anchor 2012

Finalis Kontes Robot Seni Indonesia 2013

Female Developer Summit 2014

Finalis Duta Museum Jawa Tengah 2016

Delegasi Indonesia di ITC STAGED! Vietnam 2017