Kenapa Mata Uang Setiap Negara Berbeda?

Tiap mau ke luar negeri pasti diribetin nukerin mata uang. Jadi kepikiran kenapa sih semua negara di dunia ini gak punya satu mata uang aja?

Sistem Barter (sumber)

Mata uang yang beda-beda itu diawali orang-orang dulu mengenal sistem barter atau tukar menukar barang buat belanja kebutuhan mereka. Misal aku butuh daging sapi dan aku punya ayam, kamu juga butuh ayam dan punya daging sapi, ayamku ku tukar dengan daging sapimu. Tapi karena sering dinilai apa yang di tukarkan tidak sesuai dengan apa yang didapatkan sehingga sulit menentukan nilai barang juga sulit menemukan orang yang punya barang dan mau menukarkannya dengan barang kita, maka pada akhirnya setiap peradaban membuat uang mereka sendiri. Uang jaman dulu dibuat dengan batu mulia, besi, garam, kapas atau kulit binatang.

Namun karena tiap negara memiliki kekayaan dan sumber dayanya sendiri-sendiri, mereka enggan nilai mata uangnya sama dengan negara lain. Jadilah saat ini USD 1 (satu Dollar Amerika) jika dihitung perhari ini dengan Indonesian Rupiah adalah IDR 14.365.

Aku cinta rupiah (sumber)

Selain itu, mata uang juga dipakai untuk menunjukkan kedaulatan sebuah bangsa. Contohnya mata uang kita tercinta ini, Rupiah.

Tapi kenapa sih semua negara gak punya satu mata uang aja biar gak ribet nukerin uang kalo mau ke luar negeri?

Sebenernya bisa aja, tapi susah karena masing-masing negara punya ego ekonominya sendiri. Contohnya Euro yang sudah digunakan di 19 Negara Uni_Eropa, atau Dollar Amerika yang menjadi mata uang global sebab digunakan oleh 64% transaksi di dunia.

Indonesia sendiri sempat punya rencana untuk membentuk mata uang bersama dengan negara-negara tetangga, tapi sampai sekarang masih jadi wacana yang entah kapan akan terlaksana.

Uang uang uang (sumber)

Meski keliatan gak ribet, mata uang bersama ini ada resiko mengerikannya, contohnya waktu krisis ekonomi Yunani yang akhirnya semua negara yang pakai Euro kena dampaknya.

Tapi di masa depan banyak perkiraan soal mata uang dunia, yang lagi tren, Cryptocurrency, alias Bitcoin. Jenis uang digital ini gak perlu transaksi lewat transfer bank apalagi uang kertas, sebab semua sudah tergantikan oleh transaksi melalui smartphone.

Jadi kenapa mata uang tiap negara di dunia ini berbeda-beda, karena masing-masing negara memiliki ego ekonomi dan kekayaan sumber dayanya masing-masing.

Selain itu kita juga bisa tuker-tukeran uang dan cerita seru tentang budaya dari teman-teman kita dari negara lain kan?

(referensi)

Baca juga : Mengapa Bendera Nepal Berbentuk Segitiga?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: