5 Fakta Dibalik #HoreOchabiRabi #OchabiRabi


Gak perlu sakit nunggu bertahun-tahun cuma diakui sebagai pacar dan ga perlu nunggu sampe pinter masak bagi mertua dulu baru boleh jadi mantu. Hahaha itu cuma masa lalu sih. Yang penting adalah rasa cinta, setia dan bertanggung jawab. Berikut beberapa fakta cerita tentang #OchabiRabi, semoga bermanfaat bagi yang sedang single/jomblo dan menanti jodoh.

1. Pedekate cuma 5 minggu

Ga ada proses pacaran. Nyata ini. Aku juga masih ga percaya, soalnya aku juga ngerasa gak fanatik banget sama aturan agama yang dimana sangat melarang pacaran. Tapi kalo dinalar pake akal sehat memang ada benarnya kalo sebaiknya tidak pacaran sebelum menikah, tujuannya untuk menjaga diri secara fisik maupun mental.

Kenapa aku bilang “cuma” padahal diluar sana banyak yang lebih sebentar pedekatenya? Ya jangan dibandingin sama yang sana-sana dong (aku gak pernah membandingkan hidupku dengan hidup orang lain soalnya). Ya karena baru kali ini kenal sama laki-laki baru sebentar dia udah merasa sreg dan merasa ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Sekarang aku sadar, cinta yang sebenarnya memang seperti itu, menghormati martabat dan menghargai diri.

2. Persiapan cuma 5 bulan

Nah setelah diminta untuk serius nih, aku gak bisa kasih jawaban, aku minta dia langsung menghadap ke orang tua. Awalnya ku minta sendiri dulu buat kenalan diri dulu setelah itu biar orang tua menilai, kalo setuju minggu depannya dia minta untuk datang bersama orang tua, alias tembungan. Naaaahhh di tembungan ini lah aku ngerasa seperti “oh kayak gini sebenarnya rasanya ‘penembakan’ yang sesungguhnya dalam hidup, sebab oleh orang tuanya aku ditanya “mbak ocha apakan bersedia menerima mas arga menjadi pendamping hidupnya?”. HAHAHA kok saya mau melayang gitu ya rasanya. Enggak pake malu-malu lah (karena emang ga punya malu apa gimana hahaha) langsung jawab “ya, saya bersedia”. Dan di tradisi dan adat jawa, kalo ada perempuan yang sudah ‘ditembung’ itu gak boleh lama-lama, paling lama 3 bulan harus dinikahi (kalo enggak bakal expired tembungannya apa gimana masih gapaham).

Ketika sudah setahun sangat saya jomblo bahkan menjadi ikon jomblo nasional (hiperbolik!!) tiba-tiba kenal laki-laki dalam waktu singkat ngajakin saya nikah..

Piye jal perasaanmu?

3. Pasca hari pernikahan gak boleh keluar rumah selama 5 hari

Meski resepsi menggunakan pakaian adat siger dari Sunda, namun adat tradisi yang dijalankan menggunakan adat Jawa Solo. Rencana nih selesai hari pernikahan kami mau jalan-jalan, udah siap-siap nih tapi waktu pamitan sama orang tuaku, aku dimarahin hahaha.

Ternyata menurut adat Jawa, setelah hari pernikahan, pengantin laki-laki harus tinggal selama 5 hari kedepan di rumah pengantin perempuan, dan pengantin perempuan belum boleh berkunjung ke keluarga pengantin laki-laki. Nah 5 hari kedepan inilah yang di sebut hari sepasar, saat hari ke lima ini, keluarga pengantin perempuan mengunjungi keluarga pengantin laki-laki untuk “menyerahkan” pengantin perempuan. Berbeda dengan ngunduh mantu, sebab selametan sepasar ini yang mengadakan yaitu pihak keluarga pengantin perempuan, kalo ngunduh mantu itu yang mengadakan pihak keluarga pengantin laki-laki. Ada yang punya pengalaman yang sama? Share ya di komentar!

Ya gitu jadinya jalan-jalannya dipending dulu hahaha.

4. Hari pernikahan pas bulan purnama sempurna 

3 Maret 2018 menurut kalender Hijriah bertepatan dengan tanggal 15 Jumadil Tsaniah 1439 dimana bulan tepat purnama paripurna. Yap setelah puluhan purnama aku lalui dengan penuh drama sampe kutulis jadi satu novel Purnama Jayapura (sepertinya ga akan di publish :p). Rasanya istimewa banget, penantian dan pengorbananku selama ini telah sampai di purnama Maret 2018. Sungguh kesyukuran semesta yang tiada tara!

5. Inspirasi dari surat An Naba

وَخَلَقْنَٰكُمْ أَزْوَٰجًا

Wa khalaqnaakum azwaajan

“..dan Kami ciptakan kamu berpasang-pasangan” (Surah An-Naba:8) 


Jadi ayat ini adalah ayat dari surat yang aku paling suka, sebab surat yang berisi 40 ayat ini benar-benar menggambarkan kebesaran kekuasaan Tuhan, dan janji-janji-Nya yang pasti, menambah keyakinanku bahwa jika aku menanam kebaikan dengan tulus dan ikhlas, maka Tuhan akan memprosesnya dan mengembalikannya dengan kebaikan pula. Seperti hukum alam pada semestinya, meski kadang hal buruk sering menguji, tapi percayalah beribu kebaikan akan datang.

Dan kenapa ayat ini? Awalnya saat merasa sangat patah hati dan gak tau hidup mau dibawa kemana setelah capek berkorban bertahun-tahun. Ayat ini mengembalikan semangatku bahwa suatu saat aku juga akan punya pasangan yang jauuuuuh lebih baik dan dengan cara yang jauuuh lebih baik pula. Dengan keyakinan itu ternyata benar-benar nyata membawaku sampai ke titik ini. 

Maka nikmat Tuhan mana yang masih berani kamu dustakan? (Kalimat yang berulang pada Surah Ar-Rahman)


Buat kamu yang masih menetapkan standar tinggi soal jodoh. Aku rasa kamu ga akan menemukan yang sempurna. Lihat dirimu sendiri dulu, ngaca dulu, sebagai manusia pasti cacat semua, gak perlu sombong. Sebab ketika nanti kamu menemukan yang cocok di hati, pasti semua standar itu gak bakalan kepake. Percayalah. Mungkin ga cuma aku. 

Buat kamu yang belum mendapatkan titik terang soal jodoh. Saranku tirakat baik lah yang banyak, berdoa, belajar dan menjaga diri. Sebab aku sendiri sudah membuktikan tirakatku dan membuktikan bahwa wanita baik dan setia memang hanya untuk laki-laki baik dan setia. Begitu juga sebaliknya. Dan sekarang aku percaya. 

Oiya, jadi hastag #HoreOchabiRabi ini adalah besutan ide dari obrolanku sama kak Erina Julia, Blogger Perempuan Semarang, visit blognya juga yaa klik disini. Hihii makasih ya kak Erin, semoga semesta segera mempertemukanmu dengan sang pangeran :* .

Demikian 5 fakta pernikahanku yang berkesan sepanjang hidup. Semoga pernikahan ini langgeng selamanya dan cerita ini bisa bermanfaat sebagai referensi. Cerita lengkap pertemuan kami ada di instagram dengan hashtag #HoreOchabiRabi atau klik disini.

Terima kasih sudah membaca! 


OCB ❤ ARF Wedding di dukung oleh:

Foto : RAT Photo 

Makeup & Dress : Laras Cipta

Henna : Griya Rias Asih

Pre-bridal Treatment : Chintya Salon Wanita

Advertisements

2 thoughts on “5 Fakta Dibalik #HoreOchabiRabi #OchabiRabi

Add yours

  1. Barokalloh ocha, tapi jodoh dan cinta sejati itu emang begitu, gak butuh waktu lama pacaran pasti langsung menikah, dan bagusnya seperti itu daripada pacaran lama gak jadi dan pamali, sekali lagi selamat ya semoga happy dan langgeng aerta cepat dikaruniai anak ☺

    1. Iya mba alhamdulillah ga pake lama dan ga pake pacaram ni langsung nikah.. pacarannya abis nikah hihi…

      Aamiin .. makasih banyak doanya mba.. doa yang sama aku amin kan buat mba vita 😚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: