Mengapa Bendera Nepal Berbentuk Segitiga?

photo6086904678290925518

Aku paling suka kalo ada adek kecil main ke kamarku. Aku selalu nyuruh mereka anggap kamarku taman bacaan, mereka bebas baca buku apapun dan melamun ngeliatin peta Indonesia dunia, sambil tanya-tanya ke aku apa aja. Ada juga yang sama sekali belum pernah lihat peta dunia dan Indonesia, tapi udah bisa nyebutin ibukota beberapa propinsi dan negara.

Dan kali ini adik sepupuku dateng. Pertama nanyain “kenapa pulau itu terpisah?” sampai “kenapa bendera merah-putih-biru disobek?”, nah sampailah di pertanyaan terakhir yang bikin aku gak pernah terpikir sebelumnya:

Kak, kenapa Nepal benderanya beda sendiri sih? Segitiga gitu?

Lah iya ya, lainnya pada bentuk persegi panjang tapi kenapa dia segitiga sendiri?

bendera-nepal_20180209_204521
Bendera Nepal (sumber)

Kondisi ini mengharuskan aku googling lah ya, dan ternyata dari beberapa referensi aku rasa perlu aku share disini biar menambah pengetahuan pembaca. Jika ada yang perlu diperbaiki, silakan komen ya, masih belajar juga soalnya.

Menurut Wikipedia, bendera Nepal adalah satu-satunya bendera negara di dunia yang tidak berbentuk segi empat (kuadrilateral). Bendera ini merupakan kombinasi dari dua bendera Hindu dari dua cabang yang berbeda dari penguasa Nepal sebelumnya, dinasti Rana. Warna merah merupakan warna Rhododendron, bunga nasional Nepal. Warna biru melambangkan perdamaian. Bendera ini diadopsi pada tanggal 16 Desember 1962.

Bentuk bendera segitiga adalah bentuk khas negara-negara Asia Selatan yang memiliki identitas pemujaan orang-orang Sikh. Sedangkan bentuk persegi panjang berasal dari daerah Eropa. Namun Nepal telah menetapkan bendera segitiga tersebut sebelum kawasan lain yang dijajah Eropa memiliki bendera negara.

Menurut Public Radio International (PRI) di salah satu artikelnya yang berjudul “What’s Funny Shape of Nepal Flag?“. Bendera nasional Nepal, yang diturunkan berdasarkan tradisi, terdiri dari dua segitiga yang disandingkan dengan dasar berwarna merah tua dan perbatasan biru tua, ada lambang putih bulan sabit dengan delapan sinar yang terlihat. Dari enam belas di bagian atas dan lambang putih sinar matahari dua belas di bagian bawah.

Warna dan simbol bendera nasional Nepal memiliki arti khusus. Bendera merah dengan batas biru. Bendera pada dasarnya berwarna merah, dengan perbatasan biru Merah adalah warna nasional Nepal dan dikatakan berasal dari tumbuhan Rhododendron, yang tumbuh di Himalaya dan biru dimaksudkan untuk mewakili kedamaian dan di atas panji memiliki bulan dan di bawah pennant memiliki matahari. Salah satunya adalah bahwa mereka mewakili Hinduisme dan Buddhisme. Lain adalah bahwa mereka mewakili dua keluarga: Shahs dan Ranas, yang biasa memerintah Nepal. Yang lain lagi adalah bahwa kedua hal tersebut mewakili kedamaian dengan bulan dan bekerja dengan matahari. Interpretasi pemerintah resmi adalah bahwa mereka mewakili Hinduisme dan Buddhisme.

Tonton juga : Ochabi Eksplor Candi Gedong Songo bersama Luthfan

Nah sekarang udah cukup paham kenapa bentuk bendera Nepal kok beda sendiri ๐Ÿ˜€ sekarang, selamat bereksplorasi!

Advertisements

4 thoughts on “Mengapa Bendera Nepal Berbentuk Segitiga?

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: