Jelajah Produk UKM bersama Dinas Koperasi Kota Semarang

WhatsApp Image 2017-12-01 at 08.15.52

Beberapa waktu lalu selama 1 hari (30 November 2017) saya mengikuti acara One Day Fun Trip yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kota Semarang . Ada berbagai rangkaian acara yang kami ikuti. Salah satu yang membuat saya paling terkesan adalah ketika kami mengunjungi Sentra Bandeng di Kelurahan Krobokan. Sejak dulu daerah ini dikenal sebagai pusat pengolahan Bandeng Presto di Kota Semarang. Dari mulai pengolahan dan pemanfaatan seluruh tubuh ikan Bandeng hingga tanpa ada residu sedikitpun, hingga pemberdayaan masyarakat sekitar untuk ikut produktif sehingga meningkatkan perekonomian mereka.

Bpk Petrus Sugiyanto, pemilik CV. Home Industri Milkfish sekaligus penggerak Pusat Pelatihan Pengolahan Hasil Kelautan dan Perikanan. Telah memproduksi banyak olahan ikan Bandeng yaitu Bandeng Presto, Bandeng Otak-Otak, Tahu Bakso Bandeng, Abon Bandeng, Kerupuk Bandeng, Nugget Bandeng dan Stik Duri Bandeng. Hal yang saya gak pernah habis pikir sebelumnya adalah duri ikan bandeng yang merupakan residu dari pembuatan otak-otak dan tahu bakso ternyata bisa dijadikan camilan bergizi dalam bentuk Stik Duri Bandeng setelah diolah bersama tepung, telur dan berbagai bumbu rempah. Rasanya? Jangan diragukan lagi! Dengan harga 10.000 Rupiah, kita bisa ngemil lezat, sehat dan rendah lemak & kolesterol.

Sebelum ke Sentra Bandeng, kami mengunjungi Semarang Kreatif Galeri di Kota Lama. Letaknya bersebelahan persis dengan Keris Kafe dan di sebelah timur Museum Trick 3D Art. Untuk masuk ke lokasi ini gratis, dan kita bisa berbelanja produk cinderamata hasil olahan tangan asli warga Kota Semarang dengan kualitas ekspor.

 

Nah setelah beranjak dari dua destinasi tersebut, kami menuju ke Kampung Alam Malon, Kecamatan Gunung Pati. Ini saya cinta banget nih kalo main ke Gunpat karena disana masih banyak banget hutan. Perjalanan dari Krobokan ke Kampung Malon sekitar 30 menit naik bis Pemkot yang disediakan khusus seharian untuk kami. Yeay!

WhatsApp Image 2017-11-30 at 16.26.28

Lokasinya juga gak terlalu jauh dari Desa Wisata Kandri, sekitar 10 menit saja ambil arah Boja kemudian di depan gang ada gapura batik coklat bertuliskan “Selamat Datang di Kampung Malon”.

Sampai di Kampung Alam Malon, kita langsung disambut hangat oleh Ibu Zie pemilik Zie Batik Alam. Ada yang bisa menebak gimana rasanya saya disana? SAYA GAK MAU PULANG PLIS 😥 suasananya adem banget dan suara hutannya semakin menahanku untuk tak beranjak dari tempat ini (try not to cry).

Sejak pindah dari Jakarta ke Semarang tahun 2004, Ibu Zie melihat Semarang ini banyak keunikan. Selain letak geografisnya, juga banyak tempat wisata. Maka dari itu Ibu Zie bersama suaminya, Pak Heno juga Pemerintah dan Dinas Koperasi sepakat untuk mengeksplor batik Semarangan dengan motif ikon kota. Awalnya dulu membangun kampung batik di Bubakan, namun karena pertimbangan lokasi yang kurang luas, maka dari itu mereka memutuskan untuk pindah ke desa dan mengeksplor batik warna alam menggunakan pewarnaan asli dari mangrove tanpa sentuhan warna sintetis.

Warna andalan batik alam, tutur Ibu Zie, adalah warna indigo. Banyak wisatawan Jepang yang tertarik dengan batik warna indigo sebab disana imej orang yang menggunakan pakaian dengan warna indigo adalah golongan bangsawan.

Selain itu, Batik Alam juga membuat Batik Legenda, yaitu kain batik yang bercerita tentang legenda atau cerita rakyat. Biasanya wisatawan dari Belanda yang suka dengan batik jenis ini.

WhatsApp Image 2017-12-08 at 13.54.50

Yah apa boleh buat kali ini saya harus beranjak bersama rombongan untuk menuju destinasi terakhir yaitu… KAMPUNG DUREN! Yay! Di kampung Malon ini punya kebun durian dan buah-buahan yang lain seluas sekitar 6 Hektar! Mabok duren deh asli, kita langsung di jamu sama 4 buah durian dengan berat masing-masing 5 kilogram dengan gratissss yaay! Maka nikmat hqq Tuhan mana yang berani kau dustakan lagi?

Wah menyenangkan banget bisa jalan-jalan seharian keliling Semarang! Saya suka banget berkunjung ke daerah yang warganya memiliki usaha khas yang terkenal sampai ke berbagai daerah dan negara. Potensinya masih sangat besar untuk terus dikembangkan.

Nah buat kalian yang mau dolan ke Semarang, pastikan mampir ke destinasi tersebut ya! Dijamin pasti berkesan banget pengen bawain buat keluarga dirumah. Kayak saya nih mborong otak-otak bandeng sama batik Semarangan! 😀

 

Advertisements

3 thoughts on “Jelajah Produk UKM bersama Dinas Koperasi Kota Semarang

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: